Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memilih Jasa Import Terpercaya untuk Pengusaha

Import adalah kegiatan perdagangan yang dapat memberikan kesempatan perusahaan untuk memperluas jangkauan produknya dan memperoleh bahan baku yang sulit untuk didapatkan. Kegiatan import barang ini kini makin mudah dengan menggunakan jasa import yang memberikan layanan pengiriman dari luar negeri dengan mudah dan cepat. 

Salah satu kegiatan penting pada perdagangan internasional yang bisa memberikan manfaat yang besar untuk pengusaha pada berbagai sektor industri yaitu import. Tidak hanya menguntungkan untuk para pengusaha saja, namun kegiatan import ini juga dapat memberikan keuntungan lebih kepada konsumen. 

Aktivitas impor ini memungkinkan para pebisnis untuk dapat mengakses barang dari seluruh negara yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri. Akan tetapi, import juga dapat menimbulkan berbagai tantangan untuk para pengusaha karena regulasi antar negara yang tentu saja berbeda. 

Salah satu dari tantangan yang mungkin muncul yaitu terkait dengan biaya. Anda nantinya akan dikenakan biaya seperti biaya pengiriman dan biaya pajak untuk mengimpor barang atau jasa dari luar negeri. 

Jika tertarik untuk mengembangkan bisnis melalui kegiatan impor ini, Anda dapat menggunakan fasilitas pembiayaan dari lembaga perbankan untuk perdagangan import yang memberikan kemudahan dalam pembiayaan dan transaksi yang lainnya. 

Pengertian Impor 

Jasa Import Terpercaya
Menurut sumber dari Bea Cukai, import yaitu suatu perdagangan internasional yang memasukkan barang dari satu negara masuk ke dalam wilayah negara lain. Kegiatan perdagangan ini yang melibatkan dua negara. Suatu negara bisa melakukan aktivitas memasukkan barang ke dalam negeri dari luar negeri pada saat barang tersebut tidak bisa didapatkan atau diproduksi dari dalam negara tersebut. 

Mengingat bahwa setiap negara memiliki peraturan dan regulasi yang berbeda, maka penting untuk Anda mengikuti regulasi atau aturan yang berlaku untuk proses impor supaya terhindar dari permasalahan hukum yang mungkin terjadi.

Manfaat Melakukan Impor 

Impor memegang peranan yang penting untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Secara lebih lanjut, manfaat kegiatan import untuk para pengusaha adalah sebagai berikut. 

1. Menjaga Ketersediaan Barang atau Jasa 

Dengan mendatangkan produk luar negeri akan memungkinkan para pengusaha mendapatkan barang atau jasa yang tidak bisa diproduksi atau didapatkan di dalam negeri. 

2. Meningkatkan Daya Saing 

Dengan kegiatan memasukkan barang atau jasa dari luar negeri, para pebisnis dapat mengadopsi inovasinya pada sektor industri sesuai perkembangan tren serta kebutuhan pasar. Dengan demikian, produk yang dihasilkannya akan mampu bersaing pada pasar global. 

3. Penawaran Harga Yang Kompetitif 

Import dapat memungkinkan pengusaha mendapatkan produk dengan harga yang lebih kompetitif di pasar internasional. Dengan adanya perbedaan biaya produksi antar negara ini mereka bisa mengoptimalkan margin keuntungan serta menjaga harga jualnya yang kompetitif di pasaran lokal. 

4. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi 

Kegiatan impor yang sehat serta berkelanjutan bisa berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Maka dengan membuka hubungan dagangnya yang baik dengan berbagai negara lainnya, para pengusaha ikut membantu meningkatkan devisa negara serta menciptakan lapangan pekerjaan. 

5. Memperluas Pilihan Produk 

Dengan impor, Anda akan memiliki akses ke barang-barang yang berkualitas tinggi serta unik di berbagai negara. Hal ini memungkinkan mereka memperluas pilihan produknya yang ditawarkan kepada para konsumennya.

Cara Memilih Jasa Layanan Import Terbaik 

Jika kita berbicara tentang jasa import, sesuatu yang ada pada benak kita yaitu suatu produk yang berasal dari luar negeri dikirimkan oleh perusahaan atau orang yang sudah ahli dalam bidang eksport import. Melakukan import barang dengan jumlah besar tentu tidak mungkin dilakukan oleh seseorang seorang diri. 

Hal tersebut mungkin saja, akan tetapi sangat beresiko barang tersebut akan ditahan di Bea Cukai. Anda mungkin bisa mendapatkan barang tersebut dengan memenuhi persyaratan tertentu misalnya kepengurusan dokumen, atau membayar pajak dan lainnya. 

Oleh karena itu, menggunakan jasa layanan impor adalah pilihan yang paling tepat. Jasa impor ini adalah suatu jasa pengiriman barang impor yang berasal dari luar negeri. Misalnya China yang menggabungkan barang ke satu kontainer, dengan begitu akan lebih aman, mudah dan juga menguntungkan untuk para pebisnis import. 

Jika menggunakan jasa layanan impor ini, Anda tidak perlu lagi khawatir, sebab semua proses tersebut akan diurus dari pihak jasa tersebut yang Anda gunakan. Anda hanya cukup menunggu dan terima beres saja dan tidak perlu khawatir barang Anda akan hilang, mungkin saja apabila ada pengecekan terlebih dulu yang mengharuskan kontainer tertahan sementara waktu. 

Cara Memilih Jasa Import 

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan sebelum Anda menggunakan jasa layanan import ini, maka ketika Anda akan menggunakan jasa ini untuk kebutuhan bisnis, sebaiknya ketahui dulu bagaimana cara memilih jasa layanan import barang terpercaya berikut ini. 

1. Ada Garansi Refund 

Jasa layanan import barang tentu saja harus memberikan layanan garansi refund. Garansi ini akan selalu ditawarkan oleh jasa yang terpercaya dengan memberikan harga yang termasuk refund garansi walaupun ada syarat dan ketentuannya. Hal tersebut wajar apabila dibandingkan dengan jasa layanan yang tidak memberikan garansi sama sekali. 

Jika nantinya terjadi berbagai hal yang tak diinginkan seperti barang rusak atau tertahan pada saat pengiriman, maka pihak jasa impor ini yang akan memproses refund tersebut dan tidak lepas tanggung jawab sesuai dengan ketentuan. 

2. Mencari Informasi Perusahaan Jasa Impor

Cara untuk memilih jasa layanan import yang terbaik selanjutnya yaitu mencari tahu bagaimana perusahaan tersebut apakah terpercaya ataupun tidak. Ada beberapa caranya yaitu dengan melihat media sosialnya atau rating mereka melalui Play Store/ App Store dan Google. Mungkin secara mudahnya Anda dapat mengunjungi langsung ke alamat perusahaan agar lebih yakin dan aman. 

3. Mempelajari Metode Pengiriman 

Anda dapat mempelajari tentang metode pengirimannya terlebih dulu. Biasanya mereka akan menyediakan pengiriman barang melalui jalur udara atau laut. Pemilihan jalur pengiriman ini tergantung dengan kebutuhan dan banyaknya barang yang akan Anda import. 

Untuk harga pengiriman yang menggunakan jalur laut akan lebih murah namun sedikit lama sampainya. Apabila menggunakan jalur udara biasanya harganya lebih mahal namun akan cepat sampai. 

4. Pelayanan Yang Diberikan 

Para customer tentunya ingin dilayani dengan baik dan santun. Hal ini termasuk juga sebagai nilai tambah dari perusahaan jasa tersebut. Dengan layanan customer service yang baik tentu dapat memberikan pelayanan terbaiknya seperti tutur kata penyampaiannya yang baik, respons yang cepat, dan bersedia membantu keluhan semua pelanggan. 

5. Berpengalaman 

Cara yang terakhir memilih jasa terbaik yaitu dengan melihat pengalaman dari jasa layanan impor tersebut. Dimana jasa yang sudah berpengalaman dapat memberikan pelayanan yang terbaik, misalnya sistem pembayarannya yang sekaligus atau all in. Yang mana tidak ada biaya-biaya tambahan lagi yang membuat para pelanggan khawatir dan memiliki kantor yang dapat dikunjungi. 

Nah, itulah beberapa cara yang tepat untuk memilih jasa import terbaik dan terpercaya untuk mengirimkan barang dari luar negeri.